Liana Digital

Sosial Media Marketing Via Twitter Ads

 

SOCIAL MEDIA MARKETING VIA TWITTER ADS

Siapakah diantara kalian yang sampai saat ini masih memainkan akun media sosial Twitter-nya? Apa saja kira-kira yang sekarang bisa kalian temukan dari platform buatan Jack Dorsey ini? Sepertinya masih sama seperti dulu awal-awal kemunculan platform ini, yah, dimana kita masih bisa bertukar cerita lewat Tweets yang berjumlah 140 karakter per satu kali post tersebut, atau me-retweet status orang lain ataupun status public figure yang kita follow di akun twitter kita.

Perusahaan media sosial Twitter juga merilis fitur periklanannya sendiri yaitu Twitter Ads. Meskipun kesan yang mungkin saat ini didapatkan yaitu kurang populernya media sosial dari Twitter itu sendiri, namun para pelaku usaha maupun pebisnis sebetulnya tidak perlu ragu untuk memasang sebuah pemasaran bernuansa digital marketing di platform yang mulai berdiri di tahun 2006 ini. Masih banyak brand-brand ternama yang masih mempertahankan eksistensi marketing mereka melalui platform berlogo burung tersebut. Apalagi dengan ciri khas-nya yaitu tagar atau hashtag (#) yang memiliki kinerja yang cukup baik dalam membantu proses digital marketing itu sendiri.

Jenis-jenis iklan yang ada di Twitter Ads cukup beragam, serta bisa bekerja dengan sangat baik jika dikelola dengan tepat oleh para pelaku usaha/pebisnis/digital marketers. Berikut jenis-jenis iklan yang ditawarkan oleh pihak Twitter Ads:

  • Promoted Tweets

Adalah jenis iklan yang ada di Twitter Ads yang menyerupai tweet biasa selayaknya yang biasa ditulis para twitter user. Perbedaannya hanya terdapat pada logo yang disematkan sudut kiri bawah tweet tersebut yang diberikan langsung oleh pihak Twitter yaitu bertuliskan “promoted”. Selain tulisan/tweet, jenis iklan ini juga bisa menggunakan konten berupa video dengan durasi kurang lebih 60 detik. Jenis iklan ini adalah jenis iklan berbayar sehingga para pengiklan wajib membayar kepada pihak Twitter jika ingin iklannya disematkan kata “promoted” tersebut.

  • Promoted Accounts

Jenis iklan yang satu ini memberikan benefit lebih jika dibandingkan dengan promoted tweets kepada para pengiklan, dimana tidak hanya tulisan atau tweet saja yang dipromosikan, namun akun twitter dari pemilik usaha itu juga. Sehingga para target konsumen bisa langsung berkontak dengan si pengiklan jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang isi dari penawaran produk/jasa tersebut. Sama juga seperti promoted tweets, jenis iklan promoted accounts ini juga akan diberi label “promoted” di halaman profil akunnya.

  • Promoted Trends

Berawal dari fitur trending topics yang ada di Twitter, jenis iklan ini juga mengadopsi cara kerja yang sama yaitu berangkat dari topik-topik trending yang ada di twitter. Iklan atau penawaran dengan jenis ini akan muncul di halaman trending topics, dan seperti dua jenis iklan sebelumnya, akan diberi label “promoted” juga di sudut kiri bawah.

  • Automated Ads

Jenis iklan yang satu ini sesuai dengan namanya, yaitu iklan yang terotomatisasi, atau mode promosi Twitter. Jika pengiklan/pemilik usaha/digital marketer tidak ingin repot menyunting atau memilih jenis iklan apa yang cocok untuk kegiatan digital marketing mereka, maka jenis iklan inilah yang paling tepat untuk dipilih.

 

Jika kita berbicara keuntungan maupun kelemahan dari strategi digital marketing via social media platform Twitter ini, mungkin akan terbesit di pikiran kita bahwa keuntungan utama yang bisa didapatkan yaitu adanya fitur hashtag yang sampai sekarang masih menjadi andalan platform yang satu ini (dan fitur ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin oleh pihak pengiklan), sedangkan kelemahannya yaitu terletak pada keterbatasan jumlah karakter yang disediakan oleh pihak Twitter yaitu hanya 140 kata. Seluruh platform social media marketing pasti memiliki plus-minus-nya sendiri, sehingga hal yang perlu dilakukan oleh para digital marketers adalah bagaimana mengolah kegiatan digital marketing tersebut agar tetap menjadi efektif dan menghasilkan output yang diharapkan meskipun ditengah keterbatasan yang ada.

meliana

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed