Meliana Syawalia Blog

Sosial Media Marketing Via Linkedin Ads

SOCIAL MEDIA MARKETING VIA LINKEDIN ADS

Apa itu LinkedIn Ads? Sebelum kita mengarah ke penjelasan mengenai strategi social media marketing yang satu ini, ada baiknya kita sedikit mengulas tentang platform LinkedIn di ranah dunia media sosial. Selama ini yang kita ketahui tentang LinkedIn adalah sebuah platform jejaring sosial yang lebih mengarah kepada professional link, business link, atau sekedar portofolio-portofolio maupun riwayat prestasi seseorang dalam dunia karirnya. Terdapat juga fitur-fitur seperti share posts sehingga para penggunanya bisa menyebarkan informasi-informasi seperti foto maupun video yang positif, maupun tulisan-tulisan berbentuk artikel opini dan juga narasi. Fitur friendlist juga disediakan oleh LinkedIn untuk penggunanya sehingga para pengguna bisa saling bertukar pikiran dan berbagi informasi satu sama lain.

Terlihat sama seperti platform media sosial lainnya, namun beda di atmosfir-nya saja, dimana LinkedIn lebih membicarakan mengenai profesionalitas kerja dan karir, sedangkan platform media sosial lainnya memiliki konten yang lebih bersifat santai dan soft. Lalu, bagaimana dengan LinkedIn Ads sendiri? Pengertian dari LinkedIn Ads sendiri adalah fitur periklanan yang diluncurkan oleh perusahaan LinkedIn dimana disediakannya wadah untuk melakukan digital marketing dengan metode social media marketing.

LinkedIn juga mengandalkan sistem B2B atau business to business, sehingga LinkedIn Ads sangat baik bila ditargetkan untuk dijadikan layanan iklan digital dengan mengandalkan metode target bisnis B2B atau B2C (business to consumer).

Baru-baru ini dikabarkan bahwa LinkedIn telah memperbaiki fitur-fiturnya menjadi lebih segar dan rapih, guna menjaga komunitasnya agar tetap menjadi komunitas yang loyal dalam penggunaan LinkedIn. Diantara upgrade-upgrade tersebut yaitu tampilan di desktop ataupun mobile yang lebih rapih dan menarik, fitur konten yang diperbanyak, terdapatnya spam management, dan juga fitur konten video ads.

Jika para pelaku usaha maupun digital marketers ingin beriklan dan memasarkan produknya, maka ada baiknya untuk mengetahui seluk-beluk serta fitur apa saja yang kira-kira akan diberikan nanti dari pihak LinkedIn kepada kalian sebagai “penyewa lapak” beriklan tersebut. Lalu, bagaimana dengan biaya memasang iklan digital di LinkedIn Ads? Biaya yang harus dikeluarkan ternyata bervariasi tergantung dari beberapa faktor penentu, yaitu:

  • Lamanya waktu memasang iklan yang bersifat organik (mingguan – bulanan)
  • Lamanya waktu memasang iklan premium (harian – mingguan)
  • Jangkauan yang dapat melihat iklan yang dipasang (ratusan hingga ribuan orang)
  • Level target pasar (CEO, Direktur, Manager, SPV, Staff)
  • Penawaran database yang potensial

Strategi social media marketing melalui LinkedIn Ads ini dirasa cukup menguntungkan bagi mereka para pelaku usaha atau pebisnis maupun digital marketers yang ingin memasarkan produk/iklannya secara langsung, kepada target konsumen yang benar-benar match yang mana sudah direncanakan. Sebelumnya melalui proses tracking record.

Macam-macam jenis iklan yang disediakan oleh LinkedIn Ads antara lain terdapat Text Ads, Display Ads, dan Dynamic Ads. Text ads adalah jenis iklan yang disediakan LinkedIn dimana cara kerjanya yaitu mengumpulkan banyak traffic menuju ke halaman LinkedIn atau website perusahaan si pelaku usaha/pebisnis melalui teks-teks yang muncul di bagian atas layar tampilan LinkedIn para penggunanya. Jenis ads dari LinkedIn ini hanya bisa muncul melalui desktop. Sedangkan jenis iklan kedua adalah Display Ads, yaitu jenis iklan yang terprogram dari LinkedIn. Ini artinya para pelaku usaha/bisnis dapat membeli iklan melaui platform iklan pilihan dari sang pelaku usaha, atau lelang pribadi maupun publik. Terakhir terdapat jenis iklan LinkedIn yang bernama Dynamic Ads, dimana jenis iklan ini menyediakan fitur kustomisasi dan personalisasi sesuai keinginan dari sang pengiklan. Artinya bahwa para pengiklan bisa mengedit copywriting-nya sendiri, jenis call-to-action sendiri, hingga ke pemilihan gambar pendukung yang bebas sesuai keinginan dan kebutuhan.

meliana

Recent posts

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed