Meliana Syawalia Blog

Sosial Media Marketing Via Instagram Ads

 

SOCIAL MEDIA MARKETING VIA INSTAGRAM ADS

Di jaman digital seperti sekarang rasanya mayoritas masyarakat akan merasa ada yang kurang jika ia tidak memiliki akun platform yang satu ini. Instagram, yang rilis perdananya sejak tahun 2010 ini makin hari makin membawa cerita dan sensasi tersendiri dalam lini kehidupan masyarakat di era digital. Mulai dari fitur-fiturnya yang mumpuni, hingga ke wadah periklanannya yang cukup menguntungkan bagi para pelaku usaha/pebisnis. Merujuk kepada strategi digital marketing yang terbentuk ke dalam konsep pemasaran media sosial, ternyata Instagram memiliki “tempat istimewa” tersendiri bagi para digital marketers maupun para penggunanya tersebut.

Perusahaan Instagram mulai meluncurkan fitur Instagram Ads atau Instagram Advertising pada tahun 2013 lalu. Berjalan selama 7 tahun hingga detik ini, Instagram Ads menghadiahkan keuntungan-keuntungan tersendiri dalam dunia perekonomian digital. Apalagi dengan hadirnya fenomena-fenomena influencer atau seseorang maupun sekelompok orang yang memiliki pengaruh kuat di dunia media sosial, membuat Instagram Ads semakin diminati para pelaku usaha/pebisnis untuk menjalankan misi-misi pemasaran mereka terhadap seluruh target konsumen yang telah ditentukan sebelumnya.

Instagram Ads sendiri adalah sebuah fitur periklanan yang diluncurkan secara resmi oleh pihak Instagram dalam rangka mendukung kegiatan perekonomian pemasaran digital dari para digital marketer maupun pelaku usaha. Juga, ada banyak fitur yang disediakan oleh platform Instagram yang dapat dimaksimalkan oleh para digital marketers dan pelaku usaha pastinya.

Para marketers bisa mencoba membuat konten video semenarik mungkin yang bersifat soft-selling pada fitur Instagram TV, misalnya. Instagram TV memberikan durasi bagi sebuah tayangan video yang lebih panjang daripada Instagram Feeds yang hanya kurang dari 1 menit. Ada juga Instagram Live Streaming, dimana platform ini memberikan penggunanya akses untuk melakukan siaran langsung (real-time) dan dapat diikutsertai oleh para pengikutnya (followers), ikut sertanya pun bermacam-macam seperti ikut bergabung di dalam video live tersebut (join live), ikut berkomentar, maupun sekedar memberikan likes. Melalui siaran langsung seperti itu para digital marketers dapat memaksimalkan potensi pemasaran yang dilakukannya dikarenakan marketers bisa berinteraksi langsung dengan para followers yang menjadi target konsumen. Jangan lupakan fitur tanya – jawab atau Q&A (Question & Answer) yang bisa juga dimasukkan ke dalam strategi pemasaran digital via Instagram ini. Cukup beragam bukan fitur-fitur yang disediakan dari Instagram?

Keuntungan-keuntungan yang dapat diambil dari pemasaran digital via Instagram Ads adalah bisa dikategorikan sebagai berikut:

  • Iklan Instagram Ads yang bersifat soft-selling

Dikarenakan postingan yang muncul terlihat sama seperti fitur Instagram pada umumnya yaitu foto, video, ataupun stories yang ada di beranda akun pengguna, sehingga kemunculan penawaran tersebut terasa tidak akan begitu mengganggu pemandangan para penggunanya.

  • Tersedianya fitur tombol-tombol pendukung / tombol direct link pada sebuah postingan iklan

Fitur tersebut memang disediakan pihak instagram untuk berhubungan langsung dengan si pengiklan, seperti fitur swipe up, direct link, tombol follow, kunjungi situs, atau download aplikasi langsung.

  • Instagram Ads memiliki fitur pengembangan iklan yang sama dengan Facebook Ads

Hal ini mulai disetarakan sejak Facebook mengakuisisi platform Instagram. Sehingga, beberapa peraturan dan fitur social media marketing yang ada pada platform Facebook-pun diadopsi juga oleh platform Instagram, seperti penyesuaian data-data target konsumen mulai dari hobi, usia, pekerjaan, jenis kelamin, hingga ke status perkawinan, yang nantinya berguna untuk tracking histori transaksi para target konsumen.

Jika kita perhatikan dari segi keunggulannya, Instagram Ads ini layak untuk dimasukkan ke dalam daftar platform media sosial yang memiliki chance yang cukup baik dalam melakukan strategi social media marketing. Bagaimana, sejauh ini apakah kalian tertarik untuk memasang sebuah penawaran/iklan di fitur Instagram Ads?

meliana

Recent posts

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed