Liana Digital

Sosial Media Marketing Via Facebook Ads

SOCIAL MEDIA MARKETING VIA FACEBOOK ADS.

Siapa diantara kalian yang kesehariannya senang menulis status ataupun mengunggah foto dan video di akun media sosial Facebook? Dan berapa kira-kira jumlah Facebook friendlist kalian hingga saat ini?

Benar, media sosial buatan Mark Zuckerberg ini memang benar-benar berhasil menyita perhatian jutaan bahkan milyaran orang di dunia. Seakan-akan seorang penyihir, Mark menjadikan Facebook sebagai platform media sosial nomor satu seantero dunia, dengan jumlah pengguna yang mencapai angka kurang dari 3 miliar (2,7 miliar – sumber: artikel Tekno Kompas). Platform media sosial yang menghadirkan fitur like dan comment pada setiap postingan ini seakan tiada matinya dalam mengembangkan fitur-fitur terbarunya.

Lalu, bagaimana pandangan para digital marketer maupun para pelaku usaha/bisnis mengenai fenomena ini? Ya, benar sekali, Facebook adalah ladang beriklan terbesar bagi para pelaku usaha, pebisnis, penyedia layanan jasa, dan juga para digital marketer diluar sana. Melihat potensi ini, pihak Facebook pun menyadari akan kesempatan baik tersebut, sehingga Facebook Inc. pun mengeluarkan fitur baru untuk beriklan yaitu Facebook Ads. Apa yang dimaksud dengan Facebook Ads? Dan bagaimana jenis mapun kinerjanya dalam lingkup social media marketing?

Facebook Ads atau Facebook Advertising adalah sebuah media periklanan yang disediakan oleh Facebook Inc. yang menawarkan berbagai macam fitur untuk mengiklankan/memasarkan produk, barang, maupun pelayanan jasa dari para pelaku usaha/pebisnis serta para digital marketer. Secara garis besar, terdapat 3 metode dalam penggunaan dan pengoptimalan Facebook Ads ini, yang pertama adalah pemilihan model iklan dari yang pebisnis punya, kedua adalah target iklan, lalu ketiga adalah jadwal serta harga dari iklan tersebut.

Pemilihan model iklan sendiri mengarah pada pemillihan jenis iklan yang harus dilakukan oleh si pengiklan, terdapat Promote Page Posts, Get More Page Likes, dan Advanced Options. Jenis promote page posts sistem kerjanya yaitu mempromosikan satu postingan baru yang ada di dalam grup fanpage yang si pengiklan buat. Sedangkan jenis kedua yaitu get more page likes cara kerjanya adalah menyediakan fitur setting & edit iklan yang pengiklan miliki, yang bisa dilakukan sendiri oleh si pengiklan. Dan yang ketiga ada advanced options, yang mana memberikan opsi kepada pengiklan untuk memilih sendiri iklan mana yang akan dipromosikan serta berapa biaya yang harus dikeluarkannya.

Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari Facebook Ads:

  • Personal branding yang cukup kuat bagi sebuah bisnis.

Mengingat Facebook adalah platform media sosial terbesar diantara lainnya, maka pastinya pemasaran yang dilakukan-pun akan cukup berdampak siginifikan terhadap personal branding dari sebuah perusahaan/pelaku usaha itu sendiri.

  • Biaya yang sesuai dengan budget pengiklan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa biaya adalah hal pertama yang dipikirkan oleh para pelaku usaha/pebisnis/digital marketer dalam melancarkan aksi pemasaran dan penawarannya ke khalayak publik. Di facebook ads , para digital marketer dapat menyesuaikan biaya sesuai dengan kemampuan awal dari si pengiklan tersebut.

  • Fitur pengembangan iklan yang menyesuaikan data umum dari para target konsumen

Contohnya seperti data-data usia, jenis kelamin, pekerjaan, dan sebagainya. Strategi social media marketing melalui Facebook Ads ini mengandalkan histori atau perjalanan browsing maupun transaksi dari si target konsumen yang telah ditelusuri oleh para digital marketer.

  • Pilihan format iklan yang beragam

Para pengiklan ataupun pelaku usaha serta digital marketer dapat memilih format iklan mana yang akan dipasang sebagai bagian dari kegiatan pemasaran itu sendiri. Terdapat format berupa spanduk online, foto, maupun video yang memiliki durasi tertentu.

Jadi,di sini kita tahu kalau Facebook Ads ini sangat menguntungkan bagi penjualan melalu media sosial.Facebook adalah aplikasi yang sangat banyak di kunjungin oleh berbagai orang,jadi lebih cepatnya mengumpulkan konsumen-konsumen agar dapat peminat yang banyak juga.

meliana

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed