Liana Digital

5 Perbedaan Landing Page Dengan Website yang Paling Mencolok

Perbedaan Landing Page dengan Website yang paling mencolok
Perbedaan Landing Page dengan Website yang paling mencolok

Apa Perbedaan Landing Page dengan Website?

5 Perbedaan Landing Page dengan Website – Cukup banyak yang mengaitkan antara perbedaan landing page dengan website, ada yang mengatakan bahwa landing page sama dengan website, ada juga yang mengatakan keduanya tidak sama. Kalau memang berbeda, sebenarnya apa saja perbedaan yang ada dari landing page dengan website? Di pembahasan kali ini kita akan membahas beberapa perbedaan antara landing page dan website secara ringkas berikut ini.
Secara garis besar, terdapat 5 perbedaan yang dapat kita jelaskan satu per satu:

  • Perbedaan Landing Page dengan Website dari segi Pengertian

    Meskipun Landing Page adalah bagian dari suatu Website, atau yang sering juga disebut sebagai “halaman landas”, namun secara definisi, landing page merupakan halaman khusus yang pengunjung/target konsumen temui pertama kali saat membuka website tersebut. Jenisnya bisa di homepage maupun di single page. Adapun untuk definisi dari website sendiri adalah beberapa kumpulan halaman yang saling berhubungan satu sama lain, dan hanya bisa diakses secara online.

  • Perbedaan Landing Page dengan Website dari segi Jumlah Halaman

    Landing page memiliki jumlah 2 halaman; 1 halaman utama dan 1 halaman pendukung. Halaman utama berisi konten tentang penawaran sebuah produk/barang/jasa secara detail. Halaman kedua atau halaman pendukung berisi konten form database yang nantinya akan diisi oleh para target konsumen ketika mereka meng-klik tombol Call To Action yang berada di landing page. Form database tersebut biasanya berisikan nama, alamat email, hingga nomor telepon dari pengunjung/target konsumen. Database tersebutlah yang akan digunakan para digital marketer untuk kemudian melakukan follow-up kepada si target konsumen tersebut.
    Sedangkan untuk jumlah halaman dari website sendiri pastinya jauh lebih banyak, mulai dari halaman utama, halaman produk, profil si pelaku usaha/bisnis, halaman kontak, halaman syarat dan ketentuan, privasi pengunjung, dan lain sebagainya tergantung kebutuhan si pemilik website.

  •  Perbedaan Landing Page dengan Website dari segi Fungsi / Kegunaan

    Dari segi fungsi, landing page memiliki fungsi untuk menjelaskan produk secara mendetail kepada para pengunjung/target konsumen. Biasanya para digital marketer akan menggabungkan antara design visual dan copywriting yang informatif dan menarik. Tujuan utama konten yang ada di landing page adalah untuk menarik perhatian para pengunjung website sehingga para target konsumen bersedia memberikan database yang dibutuhkan.
    Sedangkan fungsi dari website sendiri cenderung lebih banyak daripada fungsi landing page. Website bisa berfungsi sebagai profil perusahaan / company profile, portofolio, blog bisnis, sampai ke e-commerce.

  • Perbedaan Landing Page dengan Website dari segi Minat Target Konsumen / Pengguna

    Minat pengguna antara landing page dan website juga cenderung berbeda. Umumnya, landung page memiliki target konsumen/pengunjung yang lebih tertarget, karena banyak dari pengunjung landing page datang dari iklan berbayar seperti Facebook Ads atau Google Ads.
    Sedangkan di website sendiri, para target konsumen/pengunjungnya memiliki minat yang berbeda – beda. Ada yang sekedar berkunjung untuk melihat-lihat saja, atau ingin mengetahui profil dari sebuah perusahaan, dan alasan lainnya yang cenderung beragam.

  • Perbedaan Landing Page dengan Website dari segi Durasi Pengerjaan

    Dalam urusan durasi pengerjaan, proses pembuatan landing page membutuhkan waktu yang lebih singkat. Biasanya durasi pengerjaan untuk landing page berkisar 5 – 10 hari kerja. Alasannya adalah karena pembuatan komponen untuk landing page relatif lebih sedikit.Sedangkan untuk durasi pengerjaan website, proses pembuatannya membutuhkan waktu yang lebih panjang, bisa 10 – 15 hari kerja. Hal ini dikarenakan webiste jelas memiliki komponen serta jumlah halaman yang lebih banyak daripada landing page.

Mungkin masih ada beberapa perbedaan mendasar antara landing page dan website yang bisa diketahui, namun secara garis besar 5 poin perbedaan diatas tersebut sudah cukup menggambarkan perbedaan antara landing page dan website secara umum dan keseluruhan.Jika anda masih bingung dengan pemahan Landing Page bisa baca : Pemahaman Landing Page

meliana

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed