Liana Digital
Contoh Landing Page

Pemahaman Landing Page dan 8 Cara Memaksimalkannya

Pemahaman Dasar Mengenai Apa Itu Landing Page

Dalam dunia website serta digital marketing, sering kita dengar istilah Landingpage. Apa yang dimaksud dengan Landing Page? Dan apa perbedaannya maupun hubungannya dengan sebuah website?

Landing page adalah sebuah halaman pertama yang muncul dari sebuah situs (website) yang diakses oleh penggunanya, dengan bertujuan untuk mengarahkan para target konsumen untuk melakukan sesuatu (action) sesuai dengan harapan si digital marketers tersebut. Landing page di-design sedemikian rupa dengan pola maketing, dimana isinya yaitu mengenai deskripsi penawaran produk, jenis produk tersebut, harga, maupun fitur-fitur marketing pendukung lainnya. Sehingga bisa juga dikatakan bahwa landing page adalah sebuah halaman dengan pola kerja marketing itu sendiri.

Landing Page di Dunia Marketing

Landingpage dalam dunia digital marketing nyatanya cukup krusial karena dapat merubah dan menjadi sebuah investasi bagi seseorang yang terjun di dalamnya. Namun, ternyata membuat sebuah landing page tidaklah semudah yang dibayangkan. Agar bisa mendekati sempurna, pelaku bisnis ataupun digital marketer harus mencoba membuatnya secara berkesinambungan, mengganti beberapa komponen di dalamnya, dan lain sebagainya. Berikut 8 cara terbaik untuk memaksimalkan konten pemasaran yang ada demi meningkatkan konversi dan benefit dari iklan yang digital marketers lakukan tersebut:

  • Call-to-call action bisa disebut juga sebagai promosi. Hal ini sangatlah penting bagi para digital marketers, karena tanpa hal ini, tentu saja tidak akan ada orang yang bisa mengakses website tersebut. Sehingga, sangat disarankan untuk membuat Call-to-call action yang menarik guna memikat minat para target konsumen.
  • Minimalisir penggunaan teks dalam iklan. Tentunya menjadi hal yang tidak diinginkan jika fokus pengunjung / target konsumen sampai berubah hanya karena terlalu banyak teks di dalam iklan tersebut.
  • Gunakan design minimalis, sehingga pengunjung akan lebih nyaman untuk berada di Landing page yang telah dibuat.
  • Satu gambar dapat bekerja lebih baik dari pada seribu kata, itulah kata kiasan yang setidaknya bisa kita ingat terus sampai sekarang. Jadi pastikan bahwa gambar yang digunakan sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan. Karena menggunakan gambar bisa dianggap sebagai wadah berkomunikasi yang jauh lebih bermakna.
  • Pakailah bullets untuk memaksimalkan ruang di website tersebut. Hal ini akan sangat berguna untuk meng-highlight fitur utama yang ada. Selain itu, menggunakan bullets juga dapat mempertegas dan memberitahu informasi penting yang harus disampaikan kepada para target konsumen pembaca.
  • Meskipun terlihat tidak krusial, namun penggunaan warna yang diterapkan pada submit button misalnya, akan membuat banyak perubahan besar pada para pengunjung dan target konsumen. Karena pada dasarnya penggunaan warna yang tepat bisa memberikan pengaruh psikologi yang cukup baik bagi yang melihat.
  • Kebanyakan orang akan lebih tertarik dengan penawaran terbatas. Untuk itu, bangunlah kesan bahwa penawaran yang dipasarkan di landing page tersebut juga memiliki kesan ‘emergency’, sehingga akan menarik minat lebih banyak dari para target konsumen.
  • Saat membuat website  landingpage ataupun memalui jasa pembuatan website landingpage, usahakan untuk menghindari tindakan memenuhi halaman dengan berbagai komponen yang sebenarnya tidak terlalu berguna bagi website si pelaku bisnis, contohnya: menu, link menuju laman lain maupun logo website tersebut.

Contoh Website Landing Page

Contoh Landing Page
Contoh Landing Page

Setelah mengetahui beberapa poin yang dapat dimanfaatkan oleh digital marketer diatas tersebut, kira-kira apa saja tujuan pengoptimalan landing page dalam dunia digital marketing? Tujuan dari hadirnya dan pengoptimalan landing page itu sendiri yaitu guna menaikkan conversion rate di dalam link penjualan website para digital marketer. Analoginya adalah, bagaimana cara merubah pengunjung dari website tersebut menjadi user aktif dan melakukan transaksi pembelian terhadap produk/jasa yang telah ditawarkan.

meliana

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed