Liana Digital

Mobile Marketing

MOBILE MARKETING

Pernah menerima email penawaran tiket penerbangan murah di waktu weekend? Atau mungkin kalian pernah menerima SMS yang isinya memberitahukan diskon sebuah produk/pelayanan jasa? Ya, metode ini disebut sebagai metode mobile marketing, salah satu dari sekian metode yang biasa digunakan oleh para pelaku usaha/pebisnis untuk menawarkan produk mereka kepada para target konsumen.
Mobile marketing adalah strategi digital marketing yang mengandalkan penggunaan smartphone atau perangkat gawai lainnya dari para target konsumen, yang bisa melalui situs, website, email penawaran, SMS, MMS, maupun melalui akun-akun personal para target konsumen yang lainnya. Dikatakan mobile juga karena sifatnya yang bisa dilihat maupun diakses dimana saja dan kapan saja sesuai dengan pergerakan dari sang marketer maupun target konsumen, selama konten dari pemasaran tersebut sampai ke tangan para target konsumen dengan cepat dan tepat.
Terdapat beberapa keuntungan bagi para pelaku usaha/pebisnis dalam melakukan strategi pemasaran berbentuk mobile marketing, diantaranya adalah sebagai berikut:

Mobile marketing memiliki efisiensi waktu yang cukup menguntungkan

Sang digital marketer bisa dengan bebas menyesuaikan diri, terkait kapan dan dimana waktu untuk menawarkan dan mempromosikan produk yang akan dijual kepada para target konsumennya. Hal ini dikarenakan keuntungan dari mobile marketing itu sendiri yang memang sifatnya mobile (bisa sambil bergerak, berpindah, beraktifitas), sehingga proses dalam pemasaran dengan metode ini lebih efisien dalam persoalan waktu.

Mendapatkan respon yang cepat dari target konsumen

Mengingat penawaran atau penjualan yang dilakukan langsung tertuju ke gawai sang target konsumen, maka metode pemasaran dengan menggunakan mobile marketing cukup menguntungkan dari segi respon para target konsumen. Marketer juga bisa melihat melalui tools atau perangkat bawaan analytics-nya mengenai apakah penawarannya tersebut sekedar dilihat begitu saja oleh para targetnya, dibaca dan dipelajari, atau bahkan sang target konsumen meng-klik iklan tersebut lalu berakhir dengan membelinya secara online. Semua itu dikarenakan kecanggihan integrasi antara teknologi dan jaringan internet yang ada pada saat ini.

Tidak perlu merogoh kocek untuk biaya pencetakan promosi

Brosur, pamflet, spanduk, atau media-media pemasaran lainnya yang berbentuk fisik, pastinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit bagi para pleaku usaha/pebisnis. Sedangkan, jika para pelaku usaha menggunakan metode mobile marketing, maka sang marketer cukup bermodalkan konten pemasaran/iklan yang telah di design dengan baik, jaringan internet, serta perangkat elektronik (gadget atau komputer), lalu dengan segera penawaran tersebut bisa masuk ke perangkat gadget sang target konsumen.

Sebenarnya, pada dasarnya keuntungan dari strategi digital marketing secara keseluruhan memiliki prinsip-prinsip yang kurang lebih sama, yaitu dapat menjangkau target konsumen yang sangat luas serta modal biaya untuk melakukan pemasaran di awal yang tidak terlalu mencekik leher para pelaku usaha/bisnis/penyedia layanan jasa. Prinsip-prinsip tersebutlah yang dijadikan patokan dan standar transisi bagi para digital marketer untuk melakukan digital marketing, setelah sekian lama terkungkung di dalam metode konvensional marketing yang membutuhkan effort lebih.

Untuk kelemahan dari pemasaran secara digital sendiri-pun memiliki standar prinsip yang sama secara keseluruhan, yaitu rentan kemungkinannya untuk terjebak ke dalam kegiatan penipuan/hacking, mengingat kegiatan pemasaran sekaligus transaksi modern ini berlangsung hanya melalui jejaring sosial ataupun secara online, dan tidak bertatap muka langsung, sehingga kerentanan untuk terjerat ke dalam kasus penipuan pun dirasa masih ada kemungkinannya. Mobile marketing yang mengandalkan konten promosi melalui surel maupun akun sosial media juga rentan terhadap kekurangan yang satu ini.

Namun, selama sang pelaku usaha/bisnis/penyedia jasa terus fokus dalam berjalannya pengembangan promosi yang ia lakukan tersebut, maka kemungkinan-kemungkinan kekurangan tersebut dirasa hanya akan berskala minim. Maka dari itu, dibutuhkan konsistensi serta tingkat fokus yang mencukupi demi berjalannya pemasaran secara digital dengan baik dan aman bagi semuanya.

Jika ingin mengenal Mobile Marketing lebih lanjut,baca juga Mengenal Sosial Mobile Marketing.

meliana

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed