Liana Digital

Manfaat Landing Page

Manfaat Landing Page

Manfaat landing page memang erat kaitannya dengan digital marketing. Menurut penelitian, perusahaan yang memiliki 10 hingga 15 landing page, akan mengalami peningkatan leads sebesar 55 persen, bahkan perusahaan yang memiliki 40 landing page mengalami peningkatan leads 120 persen.

Mungkin bagi Anda yang baru terjun ke dunia bisnis, sering tidak menyadari keberadaan landing page. Landing page dapat pebisnis temui ketika mengakses link dari sebuah email, Google Ads, sosial media dan lainnya.

Halaman ini dibuat khusus oleh perusahaan untuk iklan atau marketing campaign, landing page juga menjadi kesempatan emas bagi perusahaan untuk mendapatkan informasi pengunjung, mulai dari nama, nomor handphone, email hingga usia.

Melalui data diri tersebutlah, Anda bisa memberikan promo menarik kepada pelanggan, yang nantinya akan membuat tertarik untuk membeli produk dan berpengaruh pada peningkatan penjualan, atau bahkan menjadi konsumen loyal bagi brand pebisnis.

Manfaat Landing Page Berpengaruh pada Digital Marketing

Untuk memanfaatkan digital marketing secara maksimal, Anda bisa menggunakan landing page yang akan berpengaruh positif pada aktivitas pemasaran digital pebisnis. Berikut kami akan menjelaskan, apa saja manfaat dari landing page yang erat kaitannya dengan pemasaran digital.

1. Meningkatkan Lead Conversion

Lead conversion adalah metrik yang digunakan pebisnis, dalam menentukan seberapa efektifnya usaha sales untuk mengubah calon pelanggan menjadi pelanggan tetap. Melalui landing page, Anda juga akan mendapat database pelanggan, berupa nomor WhatsApp, email dan lainnya.

Terdapat rumus tersendiri untuk menghitung seberapa besar tingkat lead conversion Anda, yaitu jumlah pengunjung yang memberikan database dibagi dengan, jumlah total pengunjung landing page lalu dikali 100 persen.

2. Sarana Promosi

Manfaat landing page berikutnya adalah berperan sebagai sarana promosi, di dalam halaman tersebut Anda hanya perlu memasukkan informasi singkat dengan ukuran tulisan cukup besar, agar memaksimalkan pemasaran yang Anda jalankan.

Calon konsumen biasanya akan lebih malas untuk membaca tulisan yang terlalu banyak, dengan ukuran kecil. Sehingga pebisnis harus memikirkan cara terbaik, agar calon konsumen tersebut merasa tertarik dengan informasi yang Anda berikan.

3. Meningkatkan Conversion Rate

Conversion rate merupakan tingkat keberhasilan sebuah website, dalam mendapatkan pengunjung. Ketika mengunjungi landing page, pengunjung tidak hanya melihat isi dari situs tersebut, melainkan juga melakukan tindakan seperti berlangganan atau membuat akun.

Dengan meningkatnya conversion rate, maka akan berpengaruh pada peningkatan pengunjung untuk masuk ke dalam marketing funnel lebih dalam.

4. Membantu Mencapai Goals Perusahaan

Manfaat landing page selanjutnya adalah mencapai goals perusahaan, setiap bisnis tentunya memiliki goalsnya masing-masing. Goals tersebut juga mengarahkan perusahaan pada tujuan sebenarnya, bisa saja tujuan perusahaan adalah mendapat klien atau meningkatkan penjualan.

Dengan menggunakan landing page, maka goals perusahaan Anda bisa tercapai dengan mudah. Satu per satu goals perusahaan akan tercapai, yang membuat bisnis pebisnis akan jauh lebih berkembang.

5. Meningkatkan Efektivitas Ads

Perusahaan biasanya menggunakan ads dari berbagai media, sebagai media pemasaran secara online. Ketika Anda menggunakan landing page, maka efektivitas ads akan meningkat karena pebisnis bisa lebih mengontrol penggunaan fitur maupun biaya pengeluaran.

Selain itu pebisnis juga bisa menyesuaikan target konsumen pada ads tersebut, pastinya bisnis Anda akan berkembang pesat jika bisa menemukan target pasar yang sesuai. Kini berbagai media menyediakan fitur ads, yang memudahkan pebisnis dalam memasarkan produknya.

6. Meningkatkan Brand Awareness

Manfaat landing page lainnya adalah meningkatkan brand awareness, jika Anda cermat dalam menentukan waktu terbaik untuk memasarkan suatu produk. Maka konsumen akan lebih mudah mengingat brand Anda, sehingga akan lebih memilih produk Anda ketimbang brand lain.

Hal ini tentunya menjadi sesuatu yang positif, dimana ketika brand pebisnis sudah membekas di ingatan konsumen. Sehingga nantinya konsumen tersebut akan memilih produk pebisnis sebagai pilihan pertama, di Indonesia sendiri sudah banyak produk tertentu yang membekas di ingatan klien.

Hal tersebut membuktikan, bahwa brand awareness cukup berpengaruh besar dalam pemasaran secara digital. Dan tidak ada salahnya bagi Anda untuk memulai membuat landing page pada website bisnis, karena banyak manfaat yang bisa pebisnis dapatkan.

Memang tidak mudah dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda harus mengerti betul strategi apa yang bisa digunakan secara maksimal. Agar produk Anda tidak kalah saing dengan kompetitor, dengan mengenal manfaat landing page maka Anda akan lebih mudah menerapkan strategi ini.

meliana

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed