Liana Digital
Penjelasan Mengenai Funneling

Funneling Marketing di Tahun 2021

Penjelasan Funneling Marketing
Penjelasan Funneling Marketing

FUNNELING MARKETING

Funneling MarketingStrategi marketing dalam dunia perekonomian memang seakan tidak ada habisnya; mulai dari zaman pemasaran konvensional hingga ke zaman pemasaran mutakhir yang mengandalkan kecanggihan digital dan jaringan internet seperti saat ini. Kali ini kita akan membahas mengenai metode digital marketing bernama funneling. Adakah diantara kalian yang sudah mengetahui apa itu funneling, bagaimana prosesnya, serta apa saja manfaatnya bagi para digital marketer?

Funneling Adalah

Funneling adalah strategi pemasaran berbentuk konsep pemetaan yang diambil dan dianalisa dari perjalanan transaksi pembelian sang target konsumen. Funneling penting dilakukan bagi para digital marketer mengingat perilaku konsumen (consumer behaviour) saat ini memang terasa cukup random dan sulit ditebak; apakah akan menjadi buyer atau tidak pada akhirnya. Sehingga, dengan konsep pemetaan funneling ini, para pelaku usaha, pebisnis, maupun digital marketer-pun cukup terbantukan dalam membentuk pola analisa yang terarah mengenai keputusan-keputusan yang sekiranya akan diambil oleh para target konsumen.

Dinamakan funnel karena konsep pemetaannya yang berbentuk corong seperti gambar yang tertera diatas, dimulai dari lapisan corong yang terbesar (paling atas) yaitu tahap awareness atau kesadaran akan target konsumen mengenai produk/barang/jasa apa yang sedang ditawarkan kepada mereka, lanjut ke lapisan corong kedua dibawahnya yaitu tahap interest, dimana sudah bisa dianalisa oleh para digital marketer mengenai siapa saja target-target konsumen yang memiliki rasa “ketertarikan” terhadap penawaran yang diberikan tersebut.

Ketiga terdapat lapisan corong decision, yaitu saatnya target konsumen membuat keputusan bulat yang berkaitan dengan penawaran dari marketer tersebut, dan di lapisan corong terakhir terdapat action yang berarti sebuah tindakan akhir yang dilakukan oleh sang calon konsumen, tindakan untuk membeli produk yang ditawarkan tersebut, atau bisa saja sebuah tindakan berupa konsumen mengurungkan niat untuk membelinya.

Anda Bisa cek Ulasan video dari youtube yang di kupas kanal youtube nya DennySantoso

Manfaat Funneling Marketing

Manfaat funneling marketing yang cukup terasa jelas yaitu dapat membuat para digital marketer mengenal lebih dalam tentang tingkah laku serta pola pembelian dari berbagai macam target konsumen dalam satu waktu dan satu penawaran. Juga bagaimana proses pengenalan produk maupun brand yang pelaku usaha miliki, apakah sang target konsumen mengenal penawaran tersebut melalui media digital atau justru media personal (rekomendasi langsung dari orang lain).

Bagaimana juga respon pertama dari target konsumen ketika diberikan penawaran-penawaran tersebut, apa saja yang dirasakan oleh target konsumen ketika menerima penawarannya, dan juga bagaimana tindakan akhir yang akan diambil oleh sang target konsumen terhadap penawaran tersebut.

Dengan metode funneling marketing, digital marketer juga jadi lebih bisa memahami aspek-aspek psikologis dalam setiap proses transaksi pembelian yang dilakukan seluruh target konsumen. Mulai dari bagaimana history sang target dalam mencari-cari penawaran produk/jasa yang sedang sang target konsumen butuhkan, tindakan apa saja yang dilakukan sang target konsumen dalam pencarian tersebut, spesifikasi apa saja yang sekiranya sang target butuhkan dari barang/produk yang sedang ia cari, hingga pada asumsi tingkatan budget yang dimiliki oleh tiap-tiap target konsumen.

Semua ini tentunya memang tidak menghabiskan waktu yang singkat, perlu waktu yang mencukupi bagi sang digital marketer untuk melakukan proses funneling. Namun, output yang dihasilkan dari metode ini cenderung cukup efektif untuk dijadikan landasan analisa dalam pengambilan keputusan bagi para pelaku usaha/pebisnis/digital marketer di kemudian hari.

Tantangan yang mungkin harus dihadapi oleh para pelaku usaha ataupun digital marketer jika ingin menerapkan metode funneling ini adalah berkaitan dengan bagaimana caranya menjaga flow dari jumlah target konsumen yang ada, agar nantinya akan menjadi pelanggan tetap bahkan loyal. Hal ini bisa ditangani dengan baik oleh pelaku usaha ataupun digital marketer jika mereka menggunakan sistem CRM (Customer Relationship Management) yang tepat dan baik.

meliana

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed