Liana Digital

Content Writing

CONTENT WRITING

Content writing dapat diarti-bebaskan menjadi kegiatan kepenulisan yang berisikan materi mengenai penjelasan, pemaparan, atau promosi suatu hal, entah itu berbentuk penjelasan tempat, pemaparan lokasi, atau kegiatan promosi suatu barang/jasa. Nah, di pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai content writing yang konsepnya sebagai strategi digital marketing dalam dunia usaha maupun perekonomian.

Di dalam kegiatan content writing pastinya terdapat seorang atau lebih content writer yang nantinya akan menulis maupun men-design isi dari sebuah konten yang akan dipublikasikan ke masyarakat. Metode yang satu ini banyak digunakan juga oleh para digital marketer di jaman digital marketing seperti sekarang ini, yang mana kegiatan content writing mampu mendobrak kegiatan penjualan secara signifikan namun tetap terlihat soft, dikarenakan wujudnya yang berupa tulisan berisi ajakan/penawaran. Strategi content writing diyakini cukup mampu meng-gaet para target konsumen digital di era sekarang ini.

Selain content writing, kita juga sering mendengar isitlah copywriting. Kira-kira apa perbedaannya, dan apa fungsi dari masing-masing strategi tersebut?

Content writing jika diibaratkan adalah seperti sebuah pohon, lalu copywriting diibaratkan sebagai salah satu tangkai dari pohon tersebut. Dari segi teknik penulisan, content writing membutuhkan jumlah kata yang lebih banyak serta pembahasan yang lebih dalam dari copywriting.  Sedangkan, copywriting adalah teknik penulisan konten yang berisikan promosi/iklan dengan tujuan membujuk target konsumen untuk melakukan tindakan yang sesuai dengan goals yang ingin dicapai sang digital marketer. Dalam metode copywriting, seorang copywriter bertugas mencari ide konten berupa gabungan dari barisan tulisan dan gambar visual yang menarik untuk kemudian di design sedemikian rupa, sehingga terbentuklah sebuah “konten iklan” sebagaimana yang diharapkan pelaku usaha/pebisnis tersebut.

Kegiatan content writing dalam dunia digital marketing memang sudah lazim dilakukan, mengingat fungsinya yang cukup signifikan di dalam sebuah kegiatan pemasaran atau kegiatan beriklan, antara lain sebagai berikut:

  • Dapat meningkatkan tingkat kesadaran para target konsumen mengenai brand/barang tertentu. Apalagi content writing di era digital seperti ini sudah sangat banyak kita temukan di jaringan internet dan media-media sosial yang sering diakses oleh setiap orang setiap harinya.
  • Membantu mempengaruhi keputusan para target konsumen dalam membeli suatu produk/jasa. Dengan intens-nya kegiatan content writing terutama kegiatan copywriting dalam dunia pemasaran digital, maka sedikit banyak hal tersebut dapat mempengaruhi keputusan sang target konsumen serta mempengaruhi tingkat keberhasilan dari terjualnya suatu produk/jasa miliki para pelaku usaha.
  • Sebagai “wajah” awal dari sebuah brand/produk/jasa. Mengapa diistilahkan sebagai wajah? Karena content writing bisa menjadi hal pertama yang menarik minat para calon target konsumen untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai sebuah produk/pelayanan jasa. Terlebih kegiatan copywriting yang memang murni ditujukan untuk mempromosikan suatu barang/jasa, yang mana penggunaan bahasa pemasaran dari copywriting yang cenderung lebih ringkas dan jelas, serta pastinya bersifat mempengaruhi (to influence) dan mengajak (to engage).

Content writer dan copywriter dalam dunia digital marketing menjadi role yang cukup krusial dalam memasarkan produk/jasa yang para pelaku usaha miliki. Selain membutuhkan kreatifitas yang tinggi, dua peran tersebut wajib mengetahui dan menguasai apa yang dimaksud dengan SEO dan SEM, dua hal yang berkaitan erat dengan kegiatan kepenulisan yang mereka lakukan tersebut. SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah kegiatan pengoptimalan sebuah iklan/website yang berisikan pemasaran suatu produk di seluruh mesin pencari yang pastinya akan diakses oleh para target konsumen. Kegiatan pengoptimalan inilah yang juga dapat membuktikan sampai mana tingkat keberhasilan dari kinerja seorang content writer dan copywriter dalam sebuah proses pemasaran suatu produk/jasa di dunia digital.

meliana

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed