Liana Digital

4 Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan Content Marketing

4 Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan Content Marketing

4 Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan Content Marketing – Di era digital, content marketing menjadi salah satu strategi yang di yakini efektif dalam menjaring pelanggan. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa strategi ini 3x lebih efektif dalam menghasilkan prospek daripada pemasaran konvensional. Tidak heran jika content marketing semakin banyak di terapkan oleh kalangan bisnis dan perusahaan. Mungkin itulah yang membawa Anda ke halaman ini.

Content marketing atau Pemasaran Konten merupakan salah satu bidang atau saluran pemasaran digital yang saat ini banyak di terapkan oleh para pelaku bisnis dan pengusaha. Digital marketing di pilih karena merespon kemajuan teknologi yang semakin canggih dan semua bisnis di lakukan secara digital. Hal ini akan meningkatkan prospek proses pemasaran dalam suatu usaha dan bisnis.

Oleh karena itu, pemanfaatannya di rasakan berdampak baik dan besar bagi jalannya usaha dan promosi para pelaku usaha. Penerapan content marketing tentunya harus sesuai dengan bisnis apa yang di gambarkan atau dipromosikan dalam bisnis tersebut.

Alasan Mengapa Content Marketing Sangat Penting untuk Bisnis

Meningkatkan Brand Awareness

Alasan pertama tentu saja tujuan dari content marketing untuk kebutuhan peningkatan brand awareness dari pelanggan atau pelanggan baru. Hal ini sangat memungkinkan untuk dapat meningkatkan konversi dan pendapatan dari sebuah brand yang sebelumnya tidak di kenal banyak pelanggan.

Menjadi Parameter untuk Optimasi SEO

Manfaat kedua, content marketing juga bisa di jadikan parameter utama untuk bisa mengoptimalkan dan meningkatkan trafik website secara signifikan. Teknik yang bisa di gunakan adalah dengan menggunakan SEO (Search Engine Optimization). Jika Anda belum mengetahui teknik ini, silakan baca artikel kami yang membahas metode ini pada tautan di bawah ini.

Meningkatkan Konversi Pelanggan

Fungsi dari pembuatan content marketing sendiri tidak hanya terfokus pada brand awareness, tetapi juga dapat di gunakan untuk meningkatkan konversi bisnis Anda. Untuk dapat mewujudkan hal tersebut, Anda perlu melakukan riset terkait pesaing bisnis, serta merancang strategi konten yang tepat dengan menargetkan pengguna yang sesuai dengan niche bisnis dan kata kunci utama Anda.

Kebutuhan Investasi Jangka Panjang

Terakhir, content marketing sangat berbeda dengan apa yang di sebut sebagai ads atau iklan. Mengapa demikian? Karena dalam content marketing sendiri berfokus pada pembuatan konten yang relevan dan mampu menjangkau pengguna secara lebih optimal sesuai dengan kata kunci yang di tuju. Pastikan juga Anda perlu melakukan riset dan juga menentukan proyeksi yang tepat untuk mendapatkan hasil yang sangat maksimal. Sesuaikan juga dengan tren dan kompetisi saat ini untuk menghasilkan hasil yang lebih optimal.

Manfaat Content Marketing

Sebagai Investasi Jangka Panjang

Bisnis yang mengandalkan content marketing dalam hal pemasaran akan lebih di untungkan karena content marketing bisa bertahan lebih lama. Jika di bandingkan dengan iklan atau ads yang hanya bisa berjalan dalam jangka waktu tertentu. Untuk menjaga content marketing, pelaku bisnis harus membuat konten yang relevan dengan bisnisnya, agar content marketing bisa bertahan hingga beberapa tahun ke depan. Namun Anda juga bisa membuat konten sesuai tren, agar lebih up to date.

Meningkatkan Website Traffic

Traffic website meningkat, menandakan website bisnis Anda banyak di kunjungi orang. Dengan begitu peluang bisnis akan jauh lebih besar, untuk mendapatkan konsumen yang tertarik dengan produk tersebut.

Meningkatkan Penjualan

Menjelaskan apa itu content marketing cukup mudah, kelebihan lain dari jenis marketing ini adalah bisnis bisa meningkatkan penjualan. Tentu ini menjadi tujuan utama pemasaran bukan, jika penjualan meningkat maka keuntungan juga akan semakin besar.

Cara Menggunakan Content Marketing

Menentukan Audiens

Hal pertama yang perlu di lakukan bisnis dalam membuat pemasaran konten adalah, menentukan kriteria audiens seperti apa. Hal ini agar pelaku bisnis dapat membuat konten yang sesuai dengan target pasar, sehingga pemasaran akan lebih fokus dan terarah. Kriteria dalam memilih audiens bisa di sesuaikan dengan usia, jenis kelamin, pekerjaan, hobi, kebutuhan dan lain-lain. Setelah membuat kriteria, para pebisnis perlu melakukan riset terhadap kebutuhan yang mereka hadapi, kemudian Anda bisa membuat konten pemasaran yang berisi solusi.

Menemukan Topik

Apa itu content marketing, bisa di katakan bahwa dalam membuat konten tentunya kita harus mengangkatnya berdasarkan topik tertentu. Tentukan topik sesuai dengan target audiens, kebutuhan audiens, sehingga konten berisi solusi dari apa yang mereka butuhkan. Tanpa adanya topik dalam sebuah konten, akan semakin sulit bagi para pelaku bisnis untuk membuat konten yang dapat menarik perhatian konsumen. Jika ingin mendapatkan feedback dari konsumen, maka pebisnis perlu membuat konten yang sesuai dengan isu terkini.

Manfaatkan Semua Channel

Ada beberapa jenis media yang bisa anda gunakan, seperti kanal yang di peroleh, media berbayar dan media milik. Pengusaha bebas memilih media yang di gunakan untuk memasarkan produk usahanya, namun semakin banyak media yang di pilih maka semakin besar peluangnya. Selain itu, target audiens dan cara penyampaiannya di setiap channel akan berbeda, yang membuat keuntungan bagi perusahaan menjadi lebih besar.

 

meliana

Recent posts

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed