Meliana Syawalia Blog

3 Brand Indonesia Yang Sukses Menggunakan Social Media Marketing

3 CONTOH BRAND INDONESIA YANG SUKSES MENGGUNAKAN SOCIAL MEDIA MARKETING

Terdapat banyak contoh-contoh perusahaan skala kecil, menengah, maupun skala besar yang mendulang kesuksesan dalam menarik perhatian para target konsumennya melalu strategi social media marketing. Social media marketing memang terbukti ampuh untuk meningkatkan brand awareness maupun brand image kepada para target konsumen, hingga ke tingkat profit yang didapatkan-pun yang sangat menguntungkan bagi para pelaku usaha/pebisnis/penyedia layanan jasa.

Tak heran jika banyak dari para pelaku usaha yang berlomba-lomba untuk mempelajari dan memahami apa itu dunia digital marketing beserta strategi-strategi di dalamnya, karena digital marketing adalah salah satu sistem pemasaran yang memiliki dampak output yang cukup besar namun dengan usaha yang minimal (digital marketer cukup duduk manis lalu men-design konten iklan selanjutnya post ke platform-platform media sosial). Siapa yang tidak mau jika usaha yang dilakukan bersifat effortless namun hasil yang didapatkan cukup memuaskan?

Nah, kali ini kita akan coba mengintip dan membahas mengenai strategi-strategi social media marketing yang sukses diaplikasikan oleh beberapa brand ternama di Indonesia, sehingga mereka mampu mendapatkan volume konsumen yang membludak serta cenderung loyal terhadap produk mereka.

  1. Eiger

Siapa yang tidak kenal Eiger? Rasanya hampir semua orang tahu ya mengenai brand ini. Brand ternama yang menyediakan segala keperluan adventure ini adalah salah satu dari brand-brand besar yang mengandalkan kekuatan pemasaran via media sosial. Seperti yang bisa kita lihat bersama, Eiger mengencangkan kejayaannya lewat pemasaran via social media Instagram yang memiliki nama akun @eigeradventure. Hasil dari social media marketing brand ini bisa kita lihat dari terus bertambahnya followers-followers di akun IG mereka setiap harinya. Kira-kira apa yang mereka lakukan? Ya, mereka terus meng-update konten-konten akun Instagram mereka dengan konten yang relatable dengan kehidupan sehari-hari dari para target konsumen. Ternyata hal tersebut memiliki dampak positif dari segi aspek psikologis yang muncul dari para target konsumen/follower mereka, yaitu follower merasa jadi “lebih dekat” dengan brand adventure stuff kenamaan ini melalui postingan-postingan mereka setiap harinya. Dari sini bisa kita ambil contoh bahwa dengan memainkan aspek psikologis yang muncul dari para target konsumen yang ada di media sosial ternyata cukup ampuh untuk meng-gaet mereka untuk mengenal lebih jauh lagi dengan produk/jasa yang kita tawarkan.

  1. Pocari Sweat

Sama seperti brand Eiger, brand minuman isotonik yang satu ini juga sukses mendulang keberhasilan profit hanya dengan strategi social media marketing yang digunakan perusahaan tersebut. Ingat iklan fenomenalnya yang berkolaborasi bersama anggota girlband JKT48? Nah, iklan tersebut adalah salah satu campaign yang diciptakan perusahaan Pocari Sweat untuk meningkatkan dan menjaga brand awareness serta brand image dari mereka. Karena kegigihan strategi social media marketing dari brand ini, Pocari Sweat juga berhasil menyabet kemenangan dengan kategori The Best Content Marketing Implementation in Beverages Industry lewat ajang penghargaan Indonesia Content Marketing Awards 2018 loh!

  1. Royco

Brand bumbu masakan yang satu ini juga adalah salah satu pemenang dari ajang Indonesia Content Marketing Awards tahun 2018 dengan kategori The Best Content Marketing Implementation in Food Industry. Strategi social media marketing yang diterapkan melalui website oleh perusahaan Royco ini mampu menarik perhatian calon konsumen yang sudah tertarget, yaitu mayoritas para wanita serta Ibu Rumah Tangga. Di dalam website-nya tersebut, Royco menyediakan berbagai macam konten yang berhubungan dengan dunia masak secara gratis, mulai artikel-artikel bermanfaat mengenai gizi dan makanan, resep-resep masakan, tips dan trik memasak, hingga ke cara-cara pengolahan suatu bahan masakan. Konten-konten digital tersebut pastinya secara tidak langsung menyelipkan metode soft-selling dari brand mereka sendiri yaitu penggunaan bumbu masak Royco. Memang tidak salah lagi, para digital marketers di negara kita benar-benar kreatif, yah!

Ok dari merek dagang diatas saya mengambil kesimpulan bahwa pada saat ini Media Social Marketing sangat populer di gunakan oleh kalangan pengusaha, baik pengusaha atas maupun menengah kebawah, bahkan sering saya melihat beranda Facebook saya di penuhi Facebook Ads atau Media Social Campaign dari pengusaha-pengusaha kecil (UMKM).Dengan menggunakan website Landing Page sebagai Homepage dari produk mereka.

meliana

Recent posts

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed